19 September
- Nehemia 7:4-8:13
Daftar orang-orang yang kembali dari
pembuangan
Adapun kota
itu luas dan besar, tetapi penduduknya sedikit dan rumah-rumah belum
dibangun. Maka Allahku memberikan dalam
hatiku rencana untuk mengumpulkan para pemuka, para penguasa dan rakyat, supaya
mereka dicatat dalam silsilah. Lalu kudapati daftar silsilah orang-orang yang
lebih dahulu berangkat pulang. Dalam daftar itu kudapati tertulis:
Inilah
orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para
tawanan, yang dahulu diangkut oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali
ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya. Mereka datang bersama-sama Zerubabel, Yesua,
Nehemia, Azarya, Raamya, Nahamani, Mordekhai, Bilsan, Misperet, Bigwai, Nehum
dan Baana.
Inilah
daftar orang-orang bangsa Israel: bani
Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang;
bani Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang; bani Arakh: enam ratus lima puluh dua
orang; bani Pahat-Moab, yakni bani Yesua
dan Yoab: dua ribu delapan ratus delapan belas orang; bani Elam: seribu dua ratus lima puluh empat
orang; bani Zatu: delapan ratus empat
puluh lima orang; bani Zakai: tujuh
ratus enam puluh orang; bani Binui: enam
ratus empat puluh delapan orang; bani
Bebai: enam ratus dua puluh delapan orang;
bani Azgad: dua ribu tiga ratus dua puluh dua orang; bani Adonikam: enam ratus enam puluh tujuh
orang; bani Bigwai: dua ribu enam puluh
tujuh orang; bani Adin: enam ratus lima
puluh lima orang; bani Ater, yakni bani
Hizkia: sembilan puluh delapan orang;
bani Hasum: tiga ratus dua puluh delapan orang; bani Bezai: tiga ratus dua puluh empat
orang; bani Harif: seratus dua belas
orang; bani Gibeon: sembilan puluh lima
orang; orang-orang Betlehem dan Netofa:
seratus delapan puluh delapan orang;
orang-orang Anatot: seratus dua puluh delapan orang; orang-orang Bet-Azmawet: empat puluh dua
orang; orang-orang Kiryat-Yearim, Kefira
dan Beerot: tujuh ratus empat puluh tiga orang;
orang-orang Rama dan Gaba: enam ratus dua puluh satu orang; orang-orang Mikhmas: seratus dua puluh dua
orang; orang-orang Betel dan Ai: seratus
dua puluh tiga orang; orang-orang dari
Nebo yang lain: lima puluh dua orang;
bani Elam, yakni Elam yang lain: seribu dua ratus lima puluh empat
orang; bani Harim: tiga ratus dua puluh
orang; orang-orang Yerikho: tiga ratus
empat puluh lima orang; orang-orang Lod,
Hadid dan Ono: tujuh ratus dua puluh satu orang; bani Senaa: tiga ribu sembilan ratus tiga
puluh orang.
Inilah para
imam:
bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang; bani Imer: seribu lima puluh dua orang; bani Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang; bani Harim: seribu tujuh belas orang.
bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang; bani Imer: seribu lima puluh dua orang; bani Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang; bani Harim: seribu tujuh belas orang.
Inilah
orang-orang Lewi:
bani Yesua, yakni bani Kadmiel dan bani Hodewa; tujuh puluh empat orang.
bani Yesua, yakni bani Kadmiel dan bani Hodewa; tujuh puluh empat orang.
Inilah para
penyanyi:
bani Asaf: seratus empat puluh delapan orang.
bani Asaf: seratus empat puluh delapan orang.
Inilah para
penunggu pintu gerbang:
bani Salum, bani Ater, bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai: seratus tiga puluh delapan orang.
bani Salum, bani Ater, bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai: seratus tiga puluh delapan orang.
Inilah para
budak di bait Allah:
bani Ziha, bani Hasufa, bani Tabaot; bani Keros, bani Sia, bani Padon; bani Lebana, bani Hagaba, bani Salmai; bani Hanan, bani Gidel, bani Gahar; bani Reaya, bani Rezin, bani Nekoda; bani Gazam, bani Uza, bani Paseah; bani Besai, bani Meunim, bani Nefusim; bani Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur; bani Bazlit, bani Mehida, bani Harsa; bani Barkos, bani Sisera, bani Temah; bani Neziah, bani Hatifa.
bani Ziha, bani Hasufa, bani Tabaot; bani Keros, bani Sia, bani Padon; bani Lebana, bani Hagaba, bani Salmai; bani Hanan, bani Gidel, bani Gahar; bani Reaya, bani Rezin, bani Nekoda; bani Gazam, bani Uza, bani Paseah; bani Besai, bani Meunim, bani Nefusim; bani Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur; bani Bazlit, bani Mehida, bani Harsa; bani Barkos, bani Sisera, bani Temah; bani Neziah, bani Hatifa.
Inilah
keturunan para hamba Salomo:
bani Sotai, bani Soferet, bani Perida; bani Yaala, bani Darkon, bani Gidel; bani Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Amon. Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo ada tiga ratus sembilan puluh dua orang.
bani Sotai, bani Soferet, bani Perida; bani Yaala, bani Darkon, bani Gidel; bani Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Amon. Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo ada tiga ratus sembilan puluh dua orang.
Inilah
orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adon dan
Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal-usul
mereka termasuk bangsa Israel: bani
Delaya, bani Tobia, bani Nekoda: enam ratus empat puluh dua orang; dan dari antara para imam: bani Habaya, bani
Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan
Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu ia dinamai menurut nama keluarga
itu. Mereka itu menyelidiki apakah nama
mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu tidak didapati, maka mereka
dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam.
Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak
boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak
dengan memegang Urim dan Tumim.
Seluruh
jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang, selain dari budak mereka laki-laki dan
perempuan yang berjumlah tujuh ribu tiga ratus tiga puluh tujuh orang. Pada
mereka ada dua ratus empat puluh lima penyanyi laki-laki dan perempuan. Mereka mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam
ekor kuda, dua ratus empat puluh lima ekor bagal, empat ratus tiga puluh lima ekor unta dan
enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor keledai.
Sebagian
dari kepala kaum keluarga memberi sumbangan untuk pekerjaan itu, sedang kepala
daerah memberi sumbangan untuk perbendaharaan seribu dirham emas, lima puluh
buah bokor penyiraman, dan lima ratus tiga puluh helai kemeja imam. Pula beberapa kepala kaum keluarga memberi
sumbangan untuk perbendaharaan pekerjaan itu dua puluh ribu dirham emas dan dua
ribu dua ratus mina perak. Dan yang
disumbangkan oleh orang-orang lain adalah: dua puluh ribu dirham emas, dua ribu
mina perak dan enam puluh tujuh helai kemeja imam.
Adapun para
imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu dan para penyanyi, juga sebagian
dari rakyat, para budak di bait Allah dan semua orang Israel yang lain menetap
di kota-kota mereka. Ketika tiba bulan
yang ketujuh, sedang orang Israel telah menetap di kota-kotanya,
Pembacaan
kitab hukum Taurat
Ketika tiba
bulan yang ketujuh, sedang orang Israel telah menetap di kota-kotanya, maka
serentak berkumpullah seluruh rakyat di halaman di depan pintu gerbang Air.
Mereka meminta kepada Ezra, ahli kitab itu, supaya ia membawa kitab Taurat
Musa, yakni kitab hukum yang diberikan TUHAN kepada Israel. Lalu pada hari pertama bulan yang ketujuh itu
imam Ezra membawa kitab Taurat itu ke hadapan jemaah, yakni baik laki-laki
maupun perempuan dan setiap orang yang dapat mendengar dan mengerti. Ia membacakan beberapa bagian dari pada kitab
itu di halaman di depan pintu gerbang Air dari pagi sampai tengah hari di
hadapan laki-laki dan perempuan dan semua orang yang dapat mengerti. Dengan
penuh perhatian seluruh umat mendengarkan pembacaan kitab Taurat itu. Ezra, ahli kitab itu, berdiri di atas mimbar
kayu yang dibuat untuk peristiwa itu. Di sisinya sebelah kanan berdiri Matica,
Sema, Anaya, Uria, Hilkia dan Maaseya, sedang di sebelah kiri berdiri Pedaya,
Misael, Malkia, Hasum, Hasbadana, Zakharia dan Mesulam. Ezra membuka kitab itu di depan mata seluruh
umat, karena ia berdiri lebih tinggi dari semua orang itu. Pada waktu ia
membuka kitab itu semua orang bangkit berdiri.
Lalu Ezra memuji TUHAN, Allah yang maha besar, dan semua orang menyambut
dengan: "Amin, amin!", sambil mengangkat tangan. Kemudian mereka
berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah. Juga Yesua, Bani, Serebya, Yamin, Akub,
Sabetai, Hodia, Maaseya, Kelita, Azarya, Yozabad, Hanan, Pelaya, yang adalah
orang-orang Lewi, mengajarkan Taurat itu kepada orang-orang itu, sementara
orang-orang itu berdiri di tempatnya.
Bagian-bagian dari pada kitab itu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan
jelas, dengan diberi keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti. Lalu Nehemia, yakni kepala daerah itu, dan
imam Ezra, ahli kitab itu, dan orang-orang Lewi yang mengajar orang-orang itu,
berkata kepada mereka semuanya: "Hari ini adalah kudus bagi TUHAN Allahmu.
Jangan kamu berdukacita dan menangis!", karena semua orang itu menangis
ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat itu.
Lalu berkatalah ia kepada mereka:
"Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan
kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini
adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena
TUHAN itulah perlindunganmu!" Juga
orang-orang Lewi menyuruh semua orang itu supaya diam dengan kata-kata: "Tenanglah!
Hari ini adalah kudus. Jangan kamu bersusah hati!" Maka pergilah semua orang itu untuk makan
dan minum, untuk membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karena mereka mengerti
segala firman yang diberitahukan kepada mereka.
___
Ayo Saat Teduh:
19 September – Yeremia Memperlihatkan Perbedaan Pengandalan
No comments:
Post a Comment